05 Juni 2009

Obama pun menikmatinya..

Setiap negara pastilah memiliki ciri khasnya masing-masing. Ciri khas yang membuat sebuah negara itu berbeda dengan negara lainnya. Ciri khas ini bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari busana yang merupakan salah satu simbol dari kebudayaan yang mencerminkan kepribadian suatu bangsa hingga makanan khas yang merupakan sebuah hasil dari kreasi bangsa akan sebuah penerapan dari nilai kebudayaan itu sendiri, yang didalamnya terdapat unsur-unsur kebiasaan akan suatu bangsa dalam mengkonsumsi sebuah kuliner.

Setiap Negara pastilah punya ciri khas kulinernya masing-masing. Negara-negara timur tengah dengan makanan kari-nya, negara-negara Asia dengan makanan berkuah segarnya, dan beberapa negara lainnya di dunia tentu dengan masakan ciri khasnya. Makanan khas suatu negara ternyata juga dapat menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi siapa saja yang mengunjungi negara-negara yang memiliki panganan unik. Tidak pandang bulu ternyata, seorang Presiden Amerika pun, Barrack Obama ketika berkunjung ke Mesir (4/6) begitu menikmati hidangan ala mesir yang menggugah selera. Dilansir di media eramuslim.com bahwasannya pak Presiden begitu lahap (nyam...nyam...nyam...) menyantap hidangan tersebut. yang disajikan adalah fatirah (roti), kecap tebu (asal aswad), madu, ful (bubur kacang koro tawar), tha'miyyah ('tempe goreng ala Mesir'), aneka masakan daging dan telur, sementara minuman penutupnya hanya jus jeruk segar. Sepiintas begitu sederhana, tapi ini benar-benar menggugah selera.

Coba kapan-kapan Pak Obama berkunjung lagi ke Indonesia, untuk sekedar ber-reuni dengan masa kecilnya di Indonesia. Pasti akan ditemukan santapan yang lebih dahsyat (saya kira...). Kalau Mesir punya Tha'miyyah atau tempe goreng ala Mesirnya, nah , Indonesia gak kalah dahsyatnya dengan menghadirkan tempe penyet plus es teh manis. Wuah, sedap sekali saya kira. Itu baru satu jenis makanan saja yang ada di Indonesia, belum lagi di daerah-daerah yang lain. pak Obama bakalan menemukan banyak makanan yang unik dan cocok ketika pak Bondan bilang mak nyuuus.. dan mak nylegender. Coba ya pak Obama bisa menirukan itu. Saya pasti akan mengomentarinya lagi.

Berita selengkapnya : eramuslim-Obama Sarapan dengan "Bubur Kacang dan Tempe Goreng" ala Mesir

Tidak ada komentar: